Minggu, 22 Februari 2015

PERKEMBANGAN JANIN TRIMESTER PERTAMA

                Pada trimester pertama kehamilan ini seorang ibu terkadang belum menyadari adanya kehamilan, baru pada minggu ke 6 sering mengalami keluhan mual dan muntah.
Bunda tidak perlu khawatir karena hal ini adalah wajar dikarenakan adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Namun apabila keluhan yang dirasakan sudah sangat mengganggu dan ibu sangat lemah harus segera mendapatkan perawatan di rumah sakit.
Mari kita bersama-sama pelajari perkembangan si buah hati pada periode ini.

  • Pertumbuhan bayi dalam rahim usia 2 minggu. Pembuahan terjadi sekitar dua minggu setelah awal mulainya masa haid. Walaupun masa periode dua minggu selama dan sesudah menstruasi tersebut tetap dihitung sebagai bagian dari masa kehamilan 40 minggu, anda belum benar-benar hamil saat ini, namun dokter akan menghitung Hari Perkiraan Lahir atau HPL berdasarkan hari pertama menstruasi terakhir.Setelah pembuahan terjadi, zygote akan mulai bergerak melalui saluran telur ke rahim. Setelah mencapai rahim ia akan menempelkan dirinya ke dinding rahim (kadang antara hari ke-7 dan ke-9 setelah pembuahan dan plasenta mulai terbentuk.
  • Perkembangan janin usia 3 minggu. Pada saat ini buah hati kita secara resmi menjadi janin dalam rahim dengan otak, tulang belakang dan organ tubuh yang terus berkembang. Sebelum setengah masa dari trimester pertama, jantung dan sistem peredaran darah bayi anda sudah akan berkembang dengan cepat.
  • Perkembangan janin bayi 6 minggu / 1 bulan. Memasuki minggu ke-6 perkembangan bayi dalam rahim ibu, ukuran bayi anda sekitar 0,8 inci dan pembuluh syaraf untuk otak dan punggungnya hampir menutup. Jantung berdetak dan figur dasar wajah bayi mulai terbentuk termasuk mulut dan telinga. Jaringan tulang rusuk dan otot mulai berkembang begitu pula "pucuk" di mana tangan dan kaki akan bertumbuh sudah ada. Tengkoraknya belum solid namun semua pembuluh dan saluran yang dibutuhkan untuk mengedarkan cairan sumsum tulang belakang sudah terbentuk.
  • Perkembangan janin 8 minggu. Pada minggu ke-8, jari tangan dan kaki sudah kelihatan walaupun masih menyatu satu sama lain. Tulang sendi (siku, pergelangan kaki dan tangan), telinga, bibir, hidung dan kelopak mata bertambah nyata.
  • Pertumbuhan bayi dalam rahim 9 minggu / 2 bulan.  Pada minggu ke-9 perkembangan bayi dalam rahim, ukuran bayi anda hanya sekitar satu inci. "Ekor" janin di ujung tulang belakang menyusut dengan cepat membentuk puting, organ reproduksi dan kantung rambut.
  • Perkembangan janin 12 minggu. Mendekati akhir trimester pertama perkembangan bayi dalam rahim ibu, organ-organ vital bayi sudah berkembang, ekor janin dan selaput di antara jari tangan dan kakinya juga sudah hilang.  Tulangnya sudah terbentuk dan syaraf otaknya tersembul. Kelopak mata dan telinga bagian luar terbentuk dan "tunas gigi" nya mulai tumbuh. Bagian kelamin mulai terlihat dan plasenta bunda sedang bekerja keras untuk memasok nutrisi.
  • Perkembangan janin 13 minggu / 3 bulan. Pada akhir trimester pertama, bayi Anda akan berukuran sekitar tiga inci dan berbobot kurang dari satu ons. Ia juga sudah memiliki kuku dan wajah yang lebih nyata.


Menentukan Hari Perkiraan Lahir (HPL)
Dokter akan menentukan HPL tapi jika anda ingin menghitungnya hari perkiraan lahir HPL sendiri anda bisa menggunakan perhitungan berikut:


  1. Tambahkan tujuh hari ke tanggal hari pertama haid terakhir.
  2. Anda lalu hitung maju sembilan bulan. 
  3. Jika rata-rata periode haid anda kurang atau lebih dari 28 hari, tambahkan atau kurangi hari ini untuk mendapatkan HPL yang lebih akurat. Kurang dari 5% bayi lahir pada hari perkiraan lahir. Satu dari lima kehamilan berakhir dengan keguguran dan ini umumnya terjadi sebelum detak jantung bayi terdeteksi. Sekitar satu dari delapan bayi lahir prematur.


Kunjungan ke dokter kandungan.
Setelah anda mengetahui HPL bayi, pastikan untuk memperoleh segala informasi yang anda butuhkan pada saat kunjungan ke dokter.

  1. Bicarakan mengenai diet, olahraga dan riwayat medis keluarga yang menurut bunda berkaitan dengan perkembangan bayi dalam rahim. 
  2. Jalani hidup sehat, makan dengan benar, olahraga teratur, minum vitamin prenatal anda dan rubah gaya hidup yang tidak sehat untuk mendukung pertumbuhan janin bayi dalam rahim.



      Demikian berbagai fase perkembangan janin bayi dalam rahim yang akan bunda lalui bersama buah hati di trimester pertama kehamilan ini.
Tetep semangat ya bunda dan jaga selalu kesehatan bunda dan buah hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar