Rabu, 04 Maret 2015

Bagaimana ini, anakku masih SMP sudah mulai pacaran ?

Bila anak mulai mengenal pacaran.



           Bunda, perlu kita pahami bahwa rasa suka dengan lawan jenis pada usia remaja, merupakan hal yang wajar.
oleh karena itu respon kita pun cukup sewajarnya saja, fokuslah pada bagaimana cara memasukkan nilai-nilai religi yang tepat ke dalam diri ananda.

  1. Bunda berusahalah sejak dini untuk selalu 'dekat' dengan ananda sehingga terjadi komunikasi yang akrab dan terbuka dengannya. Sehingga dalam berbagai kondisi, ananda mau bercerita dan menyampaikan isi hatinya. Termasuk untuk jujur tentang rasa sukanya pada temannya. Dan saat itulah kita bisa memberikanbagaimana  nilai yang positif dan benar tentang pergaulan.
  2. Berikan juga contoh nyata yang terjadi pada kehidupandisekitar kita tentang efek buruk akibat pacaran.
  3. Kita juga harus berikhtiar untuk memilihkan lingkungan pergaulan bagi ananda, lewat pemilihan sekolah, kegiatan ekskul, teman bermain, dll.
  4. Mendampingi ananda , misalnya saat menonton TV, akses internet, atau saat bermain gadget. Bila saat menonton TV ada tayangan yang berbau pacaran, kita sampaikan bahwa itu tidak sesuai dengan norma agama. Saat akses internet, tanamkan etika meminta ijin serta keterbukaan. Untuk gadget, bunda bisa berikan pengertian kepada ananda bahwa, kepemilikannya sesuai kebutuhan pemakai.
          Dengan kedekatan, dukungan keluarga, dukungan lingkungan dan edukasi intens anak akan memahami kenapa islam melarang pacaran, kemudian akan terkondisikan untuk tidak mendekatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar